Kamis, 03 Januari 2019

# Artikel # Emak Strong

Kuatnya Tekad Beratnya Komitmen, Tips untuk Penulis Pemula

Kuatnya Tekad 
Beratnya Komitmen

Ketika memutuskan untuk serius menulis sempat terpikir apakah nanti bisa membagi waktu dengan rata sesuai porsinya. 

Antara mengurus keluarga sebagai pekerjaan utama dengan on line store-usaha yang sudah berjalan dua tahun- masih ditambah kegiatan menulis yang menggoda untuk lebih didalami. 

Hari ketiga di Januari 2019, sepertinya masih belum tertata jadwal dan pencapaian dari masing-masing bidang. 
Masih banyak berkutat pada urusan rumah karena kebetulan ini adalah hari pertama masuk sekolah. 

Beberes rumah setelah hampir 3 minggu tidak bisa dikatakan bersih apalagi rapi. Pada hari-hari pertama snak-anak liburan masih rajin membersihkan dan menata letak ini itu. 

Minggu berikutnya saya sudah menyerah karena hampir pada jam yang sama setelah dibereskan kembali berantakan. 


"saat anak-anak libur 
adalah saat emak lembur"



Kembali pada permasalahan kegiatan menulis yang saya beri porsi lebih besar di otak saya. 
Karena sebagai pemain baru saya harus lebih banyak belajar. 
Dari proses belajar ini saya menemukan beberapa tips yang saya jalankan sendiri dan barangkali ada yang mau ikut menambah berdasarkan pengalaman pribadi. 

Tips untuk penulis pemula

1. Deklarasikan


Menurut saya ini pertama yang harus dilakukan setelah fix memutuskan menjadi penulis . 
Ketika sudah bertekad untuk menjadikan tulisan sebagai bahan pekerjaan, tidak perlu malu untuk mengatakan  pada dunia tentang profesi baru kita. 

Deklarasi atau bisa dikatakan sebagai  new branding ini bisa kita wujudkan dalam profil info di sosmed juga isi postingan yang berisi tentang dunia penulisan.

2. Kuatkan Ilmu


Tips berikutnya untuk penulis pemula adalah menguatkan kemampuan penulisan. Caranya dengan banyak belajar semua hal tentang penulisan. Bisa mandiri dengan membaca buku atau artikel dari media online tentang penulisan . Atau cara yang lebih cepat yaitu belajar bersama guru pada training penulisan. 

3. Gencarkan Praktek


Ilmu yang kita ambil dari pakar sekalipun akan sia-sia jika tidak dipraktekkan. Pada saat mengikuti training semaksimal mungkin kita harus mengerjakan tugas dan aktif di kelas. 
Selain mengasah kemampuan, cara ini juga bermanfaat untuk memperluas jaringan sesama penulis . 

4. Luaskan Jaringan


Supaya jaringan lebih luas, kita bisa memanfaatkan like and comment di medsos.
Makin banyak yang terkoneksi secara maya dengan akun kita, maka makin luas pula jaringan tercipta. 
Cara lain melebarkan jaringan   adalah masuk komunitas penulis. Saat ini ada banyak sekali group atau komunitas penulis. Biasanya ada semacam chalenge yang harus dilaksanakan tiap anggota. 
Challenge tentang penulisan akan  makin mempertajam kemampuan dan bisa lebih besar kemungkinan memperoleh informasi tentang lomba-lomba penulisan yang sekali lagi untuk mengasah kemampuan menyusun tulisan.

5. Kokohkan Tekad


Dunia ini penuh dengan godaan. Apa yang ada di seberang kadang terlihat lebih indah dan lebih menantang.  
Jika sudah memilih menulis sebagai pekerjaan maka harus memegang kuat tekad supaya tidak justru terombang ambing pada keinginan yang lain.


Tiap orang pasti menemukan cara sendiri dalam melakukan pekerjaan, terutama pada masa-masa awal. 

Apakah Anda punya tips untuk penulis pemula yang bisa dibagi disini? 
Silakan tulis di kolom komentar semoga membantu penulis pemula (seperti saya) 

25 komentar:

  1. Judulnya ISTIQOMAH mbak yang berat itu . . .tapi moga berada pada jalur yang tepat inshaallah

    BalasHapus
  2. Sepakat dengan poin-poin di atas. Kalau menulis sudah menjadi passion, rasanya gak ada lagi perasaan berat, yang ada justru rindu untuk terus menulis.

    BalasHapus
  3. iyap bener banget itu, banyak praktek yang biasanya sulit sih apalagi istiqomah duh, kadang suka males hehe. Sukses terus bun.

    BalasHapus
  4. Jleb banget, Mbaak!
    Meskipun tekadnya sudah kuat tapi jika tidak dibarengi dengan komitmen dan konsistensi, bakalan jalan di tempat.
    Mudah-mudahan di tahun 2019 ini, kita semua bisa tetap komit dan konsisten untuk nulis ya..

    BalasHapus
  5. Mbak sitaaa.. aku kan tidak punya IG hihi, aku berkunjungnya disini saja yaa
    Haduh yang susah itu yang nomer 3! Menggencarkan praktek itu sungguh perlu usaha yang lebiihh. Semoga mbak Sitaturohmah semakin sukses dengan kegiatan menulisnya

    BalasHapus
  6. MasyaAllah, ternyata apa yang saya pikir juga sama dengan mbak Anik, hihihi.. Saat anak anak libur adalah waktunya ibu lembur, wkwkkw.. Perang mainan di rumah, dan keributan lucu ya mbak... Hihihi, jadi ngakak sendiri...

    BalasHapus
  7. Setujuuuu
    Niat dan tekad diiringi konsistensi tentu akan memberikan hasil seperti yang diharapkan.
    Terus semangat ya Mbak:)

    BalasHapus
  8. Memaksa diri untuk komitmen menulis merupakan salah satu tips menulis. Maklum, terkadang rasa malas dan sejuta alasan membuat acara menulis menjadi tertunda bahkan terbengkalai....

    BalasHapus
  9. tekad kuat, konsistensi apakabar? heu itu masih jadi peer besar saya juga. semoga tahun ini prakteknya bisa sejalan dengan tekad kuatnya. chayoo.

    BalasHapus
  10. bener banget mba yang dituliskan itu. semua poinny MANTUL. Saling support ya mba semoga bisa konsisten menulis

    BalasHapus
  11. Semangat mba šŸ˜Š. Saya juga penulis pemula yang harus banyak belajar. Mari sama2 belajar. Semoga
    sukses ya šŸ˜‰.

    BalasHapus
  12. Tekad dan keinginan untuk praktek sudah kuat namun suka terpengaruh mood yang up n down.. harus istiqomah sebagai penulis pemula biar traffic naek yah mbak.. Chayoooo

    BalasHapus
  13. Aku nambahin satu ya, Mbak. Percaya Diri, menurutku ketika seorang sudah percaya diri sebagai penulis, ia sudah memenangkan separuh dari pertandingan. Good luck!

    BalasHapus
  14. betul banget. harus kuat tekad untuk menulis. semoga sukses ya

    BalasHapus
  15. Semuanya betul mbak. Kalau sudah bertekad, harus berkomitmen serta konsisten praktik. Saya banget nih tekad doang konsistennya kalah. Ayo semangat semangat

    BalasHapus
  16. Untuk memulai menulis memang dibutuhkan tekad, niat, konsistensi dan disiplin, selain itu juga ikut komunitas. Karena di sana kita bisa saling menguatkan. Semangat mba!

    BalasHapus
  17. Siip mbak, 5 point-nya setuju banget.
    Saya jg pemula koq mbak, baru mengenal literasi di awal feb 2018 kmrn.
    Sama2 saling menyemangati dan memgingatkan ya mb. ;)

    BalasHapus
  18. Sudah menerapkan semua tipsnya mbak. Alhamdulillah hasilnya memang luar biasa. Terpenting saya selalu berdoa agar bisa Istiqomah. Karena semua Allah yang ngatur. Hehe... Kadang ada titik jenuh saat nulis. Jadi tips tersebut sangat berguna sekali.

    BalasHapus
  19. Coba saya jalani tips nya ya mbaa, bermanfaat deh bisa jadi semangat nih buat terus menulis

    BalasHapus
  20. Sepakat mbak, menjadi penulis harus di deklarasikan, Selain untuk branding diri juga untuk menguatkanvtekad

    BalasHapus
  21. Saat anak2 libur emak lembur wkkk

    Poin yg kudapet fokus y mak stelah nentuin tujuan yah secara seperti pd tulisan ini dunia penuh godaan heheh

    BalasHapus
  22. Dalam hal ilmu saya masih bingung, sering ngulik-ngiluk di google search tapi belum mendapatkan secara terang cara menulis yang baik dan benar.
    Saya ingin bertanya kepada ibu mengenai ilmu menulis, apakah ibu ada rekomendasi website atau blog yang membahas tentang ilmu menulis sehingga kedepannya saya bisa lebih memperdalam ilmu menulis saya bu, terima kasih.

    BalasHapus
  23. Aku banget nih...dari dulu pengen nulis...tapi ada aja alasannya...di pasukan blogger JA aja masuknya sudah dulu banget, baru aktifnya sekarang...��

    BalasHapus

Total Tayangan Halaman

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah ibu rumah tangga penuh waktu dengan 4 orang putra putri. Menulis menjadi kegiatan positif mengisi waktu jeda dari mengurus keluarga. Content writer, freelancer dan menulis buku adalah pekerjaan sampingan, yang utama tetaplah ibu rumah tangga

Follow Us @soratemplates