Kamis, 27 Desember 2018

# Artikel

3 Menu Kuliner Khas dari Boyolali yang Harus Kamu Coba, Awas, Bisa Bikin Ketagihan


Apa Kabar, Guys?
Salam sehat dari Boyolali. Kamu sering kan nongrong di kafe, minum kopi latte?
Yuk kita ke tempat asal susu, sambil menikmati segarnya hawa pegunungan, lalu menghangatkan diri dengan soto seger dan ngobrol asyik sambil ngemil marning endess.

Catat nih, 3 pilihan sajian khas Kota Susu jika kamu berkunjung ke sana :

Susu Segar Asli Boyolali

Boyolali memang punya sebutan sebagi Kota Susu, karena merupakan kota penghasil susu murni terbesar di Jawa Tengah.

Susu yang dihasilkan dari Boyolali ini masuk dalam kategori kelas tinggi, dilihat dari kadar air yang sedikit, jumlah protein yang tinggi dan kandungan lemak yang sedang.

Salah satu agro wisata sapi perah yang bisa dikunjungi ada di wilayah kecamatan Cepogo. Di tempat ini, selain bisa melihat proses pemerahan susu sapi, kamu juga bisa menikmati langsung susu segar.


Soto Seger Boyolali
Yang istimewa dari soto seger dibanding soto pada umumnya adalah pada kuah beningnya. 
Semangkuk soto seger biasanya berisi nasi, tauge, potongan daging ayam, taburan bawang merah goreng dan kentang goreng.

Lauk yang menemani soto seger ini diantaranya adalah hati ampela goreng, sate telur puyuh, sate kikil, tempe goreng , dan paru sapi goreng. Harga untuk semangkuk soto seger ini sekitar Rp.7000. 

Salah satu tempat terkenal yang menyajikan soto seger sebagai menu andalan adalah Soto Seger Mbok Giyem. Awal buka tahun 1950 hanya ada di samping Pasar Sunggingan Boyolali, saat ini cabangnya sudah mudah ditemui di banyak kota.


Marning Jagung

Marning adalah makanan ringan khas Boyolali yang terbuat dari jagung. Terbuat dari butiran jagung yang digoreng kering sehingga terasa renyah. Sebelum digoreng, jagung direbus selama dua jam lalu direndam dalam air bumbu selama satu hari.

Camilan ini memiliki rasa khas yang gurih. Namun, saat ini banyak produsen marning yang berinovasi membuat sajian marning dalam variasi rasa yang berbeda seperti manis dan pedas. Harga untuk satu kilogram marning adalah Rp.12.000, cukup murah kan?

Sebenarnya masih ada lagi lo, kuliner dari Boyolali yang memiliki citarasa tak jauh beda dari daerah-daerah di sekitarnya, mulai dari Nasi Tumpang, Pecel Ndeso, dan Sego Jagung. Oke, selamat mencoba, Guys!

24 komentar:

  1. Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Jadi pengen ngebolang ish . . .syukaaa

    BalasHapus
  3. Marning jagung.. Kesukaan ayah saya... Eh jadi paham deh kenapa namanya soto segar, kmrn soalnya saat jalan-jalan sering nemu tulisan soto segar, jadi cekikikan kok lucu namanya😆 sayang belum sempat nyobain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seger rasanya, bening kuahnya. Habis makan bening matanya.. haha

      Hapus
  4. Soto seger Boyolali ini ada di Jakarta dan saya suka
    Marning jagung juga...enak dijadikan camilan
    Duh jadi lapaaar

    BalasHapus
  5. Duuuhhh, saya kok jadi pengen makan soto ya, haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soto apa mbak? Saya malah suka soto betawi meski pakai santan tapi seger karena pake irisan tomat yg banyak. Bonusnya emping kriuk

      Hapus
  6. Dekat rumah ada tuh Soto Boyolali. Langganan kalau hari Minggu, sambil jalan pagi. Emang kuahnya bening, jadi seger engga eneg...

    BalasHapus
  7. Baru tahu marning khasnya boyolali. Dulu pernah praktek di boyolali,tapi karena di gunung jadi ga banyak makanan yg bisa dimakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya asli boyolali mbak, tapi udah dipinggir dekat kota Solo. Jadi nggak sejuk kaya di gunung. Dulu praktek dimana?

      Hapus
  8. Baca artikel ini saya jadi tahu kalo boyolali termasuk penghasil susu murni terbesar. Terimakasih sharingnya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak salah satu penghasil susu terbesar. Makanya kadang disebut kota sapi atau kota susu. Terimakasih sudah membaca

      Hapus
  9. Wah asyiik kapan ya bisa ke sana. Pengen coba soto khas Boyolali dan marning jagungnya. Makasih ya Mba sharingnya.

    BalasHapus
  10. Wah asyiik kapan ya bisa ke sana. Pengen coba soto khas Boyolali dan marning jagungnya. Makasih ya Mba sharingnya.

    BalasHapus
  11. Mb sita dari boyolali kah? Atau sedang di boyolali?

    BalasHapus
  12. Penasaran pengen cobain rasa susu dari Boyolali yang rendah lemak dan tinggi protein 😊

    BalasHapus
  13. Wah kapan-kapan deh jalan2 ke Boyolali...suka marning, hehe

    BalasHapus
  14. Di Bandung juga ada soto boyolali, marning juga suka, tapi tetep pengen jalan-jalan ke tempat aslinya.

    BalasHapus
  15. Kalau soto segarnya sudah ada di banyak tempat ya, Bu. Saya suka sekali itu. Marning dan susu juga enakkk

    BalasHapus

Total Tayangan Halaman

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah ibu rumah tangga penuh waktu dengan 4 orang putra putri. Menulis menjadi kegiatan positif mengisi waktu jeda dari mengurus keluarga. Content writer, freelancer dan menulis buku adalah pekerjaan sampingan, yang utama tetaplah ibu rumah tangga

Follow Us @soratemplates