Sabtu, 22 Desember 2018

# Artikel # dapur emak

Jadwal Padat, Siasati dengan Menu Sehat dalam Waktu Singkat



Apa kabar Emak Pintar? Masak hari ini, Mak? Sudah menjadi hal yang lumrah jika pada pagi hari adalah rutinitas paling padat dari rangkaian kegiatan seharian. Persiapan sekolah dan bekerja, semua harus selesai sebelum waktunya masuk sekolah atau jam masuk kantor. Wajar jika pagi hari dilalui dengan kecepatan cukup tinggi.
Sarapan adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan pagi hari sebelum beraktivitas. Sarapan atau makan pagi akan jadi sumber energi yang dibutuhkan paling tidak sampai dua jam setelah waktu keberangkatan.
Hal utama yang perlu diingat dalam menyiapkan makan pagi adalah menu sehat. Karena dari menu sehat ini, akan diserap dengan baik oleh tubuh dan badan menjadi sehat. Dari sehatnya badan, lahir jiwa yang sehat pula. Bisa berfikir jernih, menyerap hal baru dengan lebih baik.
Ada beberapa menu sehat yang bisa disiapkan dalam waktu singkat dan tips dalam menyiapkannya :
1. Garang asem

Terdiri dari daging ayam, telur, tomat dan santan. Tips siap cepatnya adalah daging direbus pada malam hari menjelang tidur. Parutan kelapa bisa tetap disimpan di freezer. Pagi harinya, masukkan bumbu, telur dan santan segar dari kelapa parut yang baru saja diperas. Terakhir masukkan tomat supaya tidak terlalu matang.
2. Cah sayur

Cah sayur ini bahannya bisa bermacam-macam. Bisa sawi dengan tahu atau putih telur atau bakso, bayam dengan tahu atau potongan ayam, atau kangkung dan hati ayam. Tipsnya, malam hari sayuran dipotong terlebih dahulu, pagi hari tinggal menyiapkan bumbu
3. Sup ayam atau daging sapi.

Untuk menu ini hampir sama dengan garang asem. Daging direbus dulu malam harinya. Dan pagi hari tinggal menambah bahan pelengkap seperti wortel, kentang, daun bawang seledri dan tomat
4. Oseng tempe.

Menu ini bisa jadi variasi jika bosan dengan menu berkuah. Tempe bisa ditambah kacang panjang, wortel, atau putih telur. Jika ingin lebih cepat semua bahan dipotong-potong pada malam hari pagi harinya tinggal ditimis bersama bumbu
5. Semur daging dan kentang.

Untuk menu ini, daging direbus terlebih dahulu malam menjelang tidur. Pagi hari, kentang digoreng sambil menyiapkan bumbu. Kentang matang bersamaan dengan siapnya bumbu semur.
Sebagai catatan tambahan, emak cukup menyiapkan masakan untuk sarapan saja, supaya waktu yang dibutuhkan ketika memasak pun lebih singkat.
Nah, itulah tips dan trik menyiapkan sarapan sehat yang siap dalan waktu singkat meskipun jadwal padat. Selamat mencoba Mak!

* Artikel ini telah dimuat pada Emakpintar.org bulan Oktober 2018. Link artikel : 
http://emakpintar.org/content/9951/jadwal-padat-siasati-dengan-menu-sehat-dalam-waktu-singkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah ibu rumah tangga penuh waktu dengan 4 orang putra putri. Menulis menjadi kegiatan positif mengisi waktu jeda dari mengurus keluarga. Content writer, freelancer dan menulis buku adalah pekerjaan sampingan, yang utama tetaplah ibu rumah tangga

Follow Us @soratemplates